Sabtu, 07 Juni 2014

Tugas Artikel (Ani Siti Anisyah 23213345)

ESSAY 1 : Computer Graphic Technology and Its Application 

1.   Pengertian Grafika Komputer

Grafika komputer (Computer Graphic) dapat diartikan sebagai seperangkat alat yang terdiri dari hardware dan software untuk membuat gambar, grafik atau citra realistik untuk seni, game komputer, foto dan animasi komputer.

2.   Sejarah Grafika Komputer

Sejarah grafika komputer telah dimulai sejak jaman dahulu kala yaitu ketika bangsa Mesir, Roma dan Yunani berkomunikasi secara grafik. Beberapa lukisan terdapat pada batu nisan orang Mesir dapat dikatakan sebagai lukisan teknik. Perkembangan grafika komputer secara sederhana dapat dibagi menjadi empat fase, yaitu :

Fase Pertama (1950) era grafika komputer interaktif
  • Tidak begitu cepat karena teknologi, jumlah dan harga komputer tidak mendukung.
  • MIT berhasil mengembangkan komputer whirlwind dengan tabung sinar katode (Cathode Ray Tube-CRT).
  • Sudah menggunakan pena cahaya (light pen) yaitu sebuah alat input bentuknya seperti pensil yang digunakan untuk memilih posisi, menunjuk sesuatu dan menggambar pada layar dengan pendeteksian cahaya yang datang dari titik-titik pada layar CRT.
  • Telah ada alat pemrograman otomatis (Automatic Programming Tool).

Fase Kedua (1960) Jaman Penelitian/Riset Grafika Komputer Interaktif
  • Grafika interaktif modern telah ditemukan oleh Ivan Sutherland.
  • Mengembangkan teknik interaktif dengan sarana keyboard dan pena cahaya. Sejumlah projek penelitian dan produk Computer Aided Design/Manufacturing (CAD/CAM) telah muncul.
Fase Ketiga (1970)

Grafika komputer interaktif telah digunakan oleh sektor industri, pemerintah dan ilmuawan untuk memperbaiki kualitas desain produk secara cepat dan mudah.

Fase Keempat (1980-1990) 
  • Penelitian pada dekade ini bertumpu pada penggabungan dan pengotomasasian pelbagai unsur desain dan pemodelan pejal (solid modelling).
  • Teknologi hibrid mulai diperkenalkan. Teknologi ini berguna untuk penggabungan objek pejal dengan permukaan.
3.   Peranan dan Penggunaan Grafika Komputer

Grafika komputer telah menunjukkan kemajuan yang pesat dalam pengembangan berbagai aplikasi untuk menghasilkan gambar. Walaupun pada awalnya aplikasi dalam sains dan engineering memerlukan peralatan yang mahal, perkembangan teknologi komputer memberikan kemudahan penggunaan komputer sebagai alat bantu aplikasi grafik komputer interaktif. Pada saat ini grafika komputer digunakan secara rutin dibidang ilmu pengetahuan, teknik, kedokteran, bisnis, industri, pemerintahan, seni, hiburan, pendidikan, periklanan, dan lain sebagainya.


4.   Desain

Dalam proses desain grafika komputer terutama digunakan pada sistem engineering dan arsitektur. Pada umumnya Computer Aided Design (CAD) digunakan untuk pembuatan desain mobil, bangunan, pesawat terbang, kapal, komputer, tekstil, dan lain-lain.

Pada beberapa aplikasi desain, objek ditampilkan dalam bentuk wireframe, dimana diperlihatkan keseluruhan bentuk, dengan bentuk internal dari objek tersebut. Penggunaan wireframe bermanfaat bagi designer untuk melihat isi dari objek tersebut.


Rancang Pesawat Terbang






Rancang Mobil


Contoh perangkat lunak yang digunakan yaitu AutoCAD, 3D Studio Max, dan Maya.




Contoh Penggunaan 3D


5.   Grafik Presentasi

Bidang lain yang berhubungan dengan grafika komputer adalah grafik presentasi yang dapat berupa cetakan, slide, dan transparansi. Grafik presentasi biasanya digunakan untuk melengkapi laporan keuangan, sains, data ekonomi, dan lain-lain. Bentuk grafik presentasi tersebut adalah chart, bar chart, pie chart, dan lain-lain.




 Grafik Presentasi


6.   Computer Art

Metode grafika komputer digunakan dalam aplikasi commercial art dan fine art. Seniman menggunakan bermacam-macam perangkat lunak grafik, dan kadang dilengkapi dengan perangkat keras khusus.

Contoh perangkat lunak yang digunakan yaitu Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Macromedia, dan sebagainya.



Contoh Software Computer Art



Pemanfaatan Software Computer Art

7.   Film

Pada pembuatan film layar lebar, komputer banyak digunakan untuk menunjang proses pemodelan, visualisasi, dan editing. Misalnya dalam proses special effect, film animasi.

Film Animasi


Film 3 D


Special Effect

8.   Televisi

Grafika komputer dalam tayangan televisi juga dapat berupa iklan, tampilan tiap acara, dan lainnya.


Pembuatan Iklan

9.   Video musik

Produksi video musik tidak terlepas dari grafika komputer, diantaranya pembuatan promosi, cover atau kemasan video, serta animasi yang mengiringi setiap lagu. Proses editing video dan audio dilakukan dengan menggunakan komputer.

Grafik Audio

10.   Game

Berbagai game dapat dijalankan pada komputer PC, video player dengan monitor TV, dan ada yang menggunakan perangkat keras khusus. Alat input interaktif seperti mouse dan joystick diperlukan untuk aplikasi game.
  
Game 2D


Game 3D


11.   Pendidikan

Komputer sebagai alat bantu pendidikan (Computer Assisted Instruction) sudah cukup dikenal. Komputer juga digunakan pada aplikasi-aplikasi bukan pengajaran untuk menunjang sistem pendidikan, seperti mengolah data, mencatat kehadiran, dan sebagainya.

Aplikasi bidang pengajaran dengan komputer sebagai alat bantunya, diantaranya : Drill and Practice (latih dan praktek) –CAI menggantikan pengajar untuk memberikan latihan kepada siswa.

Tutorial (penjelasan) –sistem komputer digunakan untuk menyampaikan materi ajaran. Simulasi – digunakan untuk mengkaji permasalahan yang rumit pada bidang biologi, transportasi, ekonomi, dan lain-lain.

Aplikasi bidang bukan pengajaran dengan alat bantu komputer, diantaranya :

Computer Assisted Testing (Ujian Berbantuan Komputer) – komputer digunakan untuk sarana ujian.

Computer Assisted Guidance (Pengarahan Berbantuan Komputer) – komputer digunakan sebagai sarana untuk mencari informasi yang diperlukan.

Computer Managed Instruction – komputer digunakan untuk merencanakan pelajaran, evaluasi belajar, serta memantau prestasi siswa.

Aplikasi Bidang Pengajaran


12.   Visualisasi

Ilmuwan, ahli kedokteran, analis bisnis, dan lain-lain sering menggunakan banyak informasi suatu masalah dalam mempelajari perilaku proses tertentu. Informasi tersebut berisi ribuan data untuk memberikan gambaran hasil suatu evaluasi. Data tersebut diproses sehingga mendapatkan hasil dalam bentuk visual.



Visualisasi Data Penelitian




 13.   Image Processing

Image processing (pengolahan citra) merupakan teknik untuk memodifikasi atau menginterpretasi gambar yang ada, seperti foto dan rangkaian gambar film. Dua macam prinsip pengolahan citra adalah :
  • Meningkatkan kualitas gambar.
  • Memberikan persepsi dari informasi visual, seperti pada robotic.

Citra Sebelum dan Sesudah di proses

Untuk melakukan pengolahan citra, pertama-tama membuat digitasi dari foto atau membuat foto menjadi file image. Selanjutnya metode digital dapat digunakan untuk memodifikasi gambar sehingga mendapatkan kualitas yang baik.


14.   Graphical User Interface (GUI)

Graphical interface (antarmuka grafik) banyak digunakan dalam setiap aplikasi. Komponen utamanya adalah window manager, dimana pengguna dapat mengatur tampilan dari window. Interface juga menampilkan menu dan icon untuk mempercepat pemilihan yang dilakukan oleh pengguna.


Graphical User Interface (GUI)


ESSAY 2 : GPU Application and Its Impact 

1.   APLIKASI GRAFIKA KOMPUTER

  • Aplikasi grafika komputer adalah program komputer yang dirancang khusus untuk menghasilkan grafis atau representasi visual dari data kedalam bentuk gambar, slide dan sebagainya. 
  • Aplikasi grafika komputer dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok, yaitu:

Aplikasi pengolah bentuk dan citra, aplikasi pengolah bentuk dan citra banyak digunakan oleh desainer grafis dan ilustrasi.


Untuk desain karakter tokok-tokoh film kartun, komik digital atau desain iklan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar